Ingin menghasilkan konten YouTube yang ramah algoritme?
Ingin tahu bagaimana cara menarik perhatian penonton dan membuat mereka tetap menonton?
Di artikel ini, Anda akan menemukan 15 tips dan trik untuk mengoptimalkan konten video YouTube Anda di setiap tahap proses produksi video.
# 1: Berkomitmen untuk Posting di YouTube Beberapa Kali Per Minggu
Laporan terbaru menunjukkan bahwa channel YouTube yang memposting lebih dari sekali seminggu berkinerja lebih baik dan mendapatkan lebih banyak tampilan yang direkomendasikan. Jika memungkinkan, posting video ke YouTube tiga kali atau lebih per minggu, terutama jika Anda baru memulai dan mencoba membangun audiens. Menyimpan jadwal reguler dengan banyak posting per minggu dapat dengan cepat meningkatkan saluran Anda dalam algoritme.Membuat satu banyak konten di awal topik yang sama akan membantu saluran Anda berkerja dengan baik dalam algoritme, dan juga membuat manajemen konten yang akan mengantarkan pemirsa dari satu video ke yang lain, meningkatkan waktu menonton Anda dan memberi mereka alasan untuk berlangganan.
# 2: Mengembangkan Jadwal Kerja Produksi Video yang Berkelanjutan
Anda mungkin membuat film pendek dan video pendek yang layak, tetapi jika setiap video membutuhkan waktu 6 bulan untuk menghasilkan, video Anda tidak akan menumbuhkan saluran YouTube Anda. Unggahan video reguler di waktu yang tepat adalah hal yang membuat orang kembali untuk menonton di channel Anda.Apa pun jenis video yang ingin Anda buat, pilih konten yang dapat Anda kembangkan dan buat secara teratur dan temukan cara untuk merampingkan alur kerja produksi Anda, apakah itu membuat studio, membuat template pengeditan, atau mempekerjakan asisten atau tim produksi. Terus perbaiki topik dan alur kerja produksi sampai proses Anda secara baik.
Kiat: Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendirikan studio video kecil sehingga ketika tiba waktunya untuk memotret, Anda cukup menyalakan lampu dan memulai.
# 3: Mulailah Setiap Video dengan Judul yang Menarik
Cara Anda memikat pemirsa tergantung pada Anda dan konten Anda. Jika video menampilkan proyek dalam bentuk apa pun, tunjukkan hasil akhirnya terlebih dahulu. Hasil yang menakjubkan membuat orang lebih tertarik untuk melihat bagaimana Anda mencapainya. Pendekatan ini sangat bagus untuk video yang di rekomendasikan dan makeover. Misalnya, Gaya Rambut Gadis Cantik selalu dimulai dengan menunjukkan hasil akhirnya sebelum menjelaskan cara membuat gaya rambut.Cerita adalah cara lain untuk menyibukkan minat pemirsa. Orang terprogram untuk cerita. Ketika Anda memulai video Anda dengan sebuah cerita, orang secara alami ingin tetap tinggal untuk melihat apa yang terjadi. Ditambah lagi, kisah-kisah pribadi yang disukai presenter bagi pemirsa dan seringkali dapat memberikan sugesti yang bermanfaat untuk ide-ide yang lebih rumit.
Tonton Video : Analisa Perhitungan Investasi Usaha Berkebun Hidroponik
Video YouTube dimulai dengan cerita
Bagaimanapun Anda memikat pemirsa, pastikan pembuka Anda berhubungan langsung dengan pokok bahasan. Pemirsa mengklik karena mereka tertarik, jadi cepat masuk ke subjek yang ingin mereka dengar di awal video pertama.
Anda mungkin pernah melihat YouTuber membuat intrik dengan memulai dengan cerita atau fakta yang tampaknya benar-benar di luar topik dan kemudian menghubungkannya dengan topik. Taktik ini bekerja paling baik ketika Anda sudah memiliki banyak audiens yang mempercayai Anda.
# 4: Judul dan Pembukaan Video yang Pendek
Jangan gunakan judul dan video yang terlalu panjang. Judul panjang atau video panjang dapat menyebabkan audiens Anda akan bosan. Selain itu, pembuka vidoe yang panjang tidak di anjurkan, karena orang tidak ingin menonton urutan video yang panjang dan sama berulang kali.Alih-alih, buat judul dan video pembuka Anda singkat dan mencolok. Buat seluruh pembuka tidak lebih dari 5 detik.
# 5: Tambahkan Layar Akhir untuk Mempromosikan Video, Saluran, atau Situs Web Anda
Layar akhir adalah grafik interaktif yang menghubungkan ke video lain, daftar putar, saluran, atau halaman web, atau meminta seseorang untuk berlangganan ke saluran Anda. Seperti yang disarankan oleh nama fitur, Anda dapat menambahkan layar akhir hanya dalam 20 detik terakhir dari video Anda, jadi Anda harus merencanakan di mana layar akhir akan muncul.Salah satu opsi adalah untuk membingkai subjek video Anda sedemikian rupa sehingga Anda memiliki ruang untuk layar akhir. Berbicara di layar akhir akan terus melibatkan tam.
Atau Anda dapat menambahkan tulisan dengan gambar atau logo tempat Anda dapat menempatkan layar akhir. Opsi ini berguna jika Anda tidak ingin layar akhir mengganggu konten Anda.
Di Layar akhir tulis YouTube
Layar akhir cenderung bekerja paling baik jika presenter di layar masih berbicara dan memberikan informasi kepada pemirsa. Jika Anda hanya memotong ke layar dengan warna atau desain dan tidak ada informasi baru, pemirsa cenderung mengklik halaman. Pemirsa YouTube bisa dikondisikan untuk melakukan itu sekarang. Jika Anda terus memberikan informasi, itu akan memberi alasan bagi pemirsa untuk tetap tinggal.
Karena YouTube ingin membuat orang tetap di platform, panjang sesi penting untuk algoritme. Panjang sesi adalah jumlah waktu yang dihabiskan pemirsa menonton video. Jika Anda menambah panjang sesi dengan mengirimkan pemirsa ke video YouTube lain atau daftar putar (meskipun bukan milik Anda), video Anda akan ditingkatkan dalam algoritme.
Taruh beberapa pemikiran ke mana pemirsa akan pergi setelah menonton video Anda dan mengirimkannya di sana melalui layar akhir (dan tautan dalam deskripsi video). Marques Brownlee melakukan pekerjaan yang baik untuk mengarahkan orang-orang dari videonya ke video lain dengan topik serupa melalui layar akhir.
YouTube menambahkan layar akhir
Pada halaman End Screen & Annotations, timeline akan secara otomatis berubah menjadi 20 detik sebelum akhir video. Untuk menambahkan layar akhir yang akan memperpanjang waktu sesi, klik Tambah Elemen lalu klik tombol Buat di sebelah Video atau Daftar Putar.
YouTube menambahkan layar akhir
Selanjutnya, pilih dari salah satu dari tiga opsi untuk menambahkan daftar putar Anda
Unggah Terbaru akan menautkan ke video terbaru Anda.
Best for Viewer akan membiarkan Google memilih video terbaik berdasarkan kebiasaan penampil sebelumnya.
Pilih Video atau Daftar Putar memungkinkan Anda memilih video atau daftar putar tempat Anda ingin mengirim penonton.
YouTube menambahkan layar akhir
Penelitian telah menunjukkan bahwa Best for Viewer bekerja dengan sangat baik. Itu tidak mengherankan karena opsi ini didasarkan pada kebiasaan menonton individu orang tersebut. Tetapi jika video tersebut merupakan bagian dari seri, pastikan Anda mengarahkan pemirsa ke video berikutnya dalam seri itu atau ke daftar putar sehingga mereka dapat menonton seluruh seri secara berurutan.
Promosikan Saluran atau Situs Web Anda Dengan Layar Berlangganan, Saluran, atau Tertaut
Jika Anda menambahkan layar akhir video atau daftar putar, Anda juga dapat menambahkan jenis layar akhir lainnya. Seperti yang ditunjukkan di atas, Anda dapat menambahkan layar akhir berlangganan, saluran, atau tertaut. (Perhatikan bahwa jika Anda ingin menampilkan tautan berlangganan atau tautan ke situs web Anda di layar akhir, Anda kurang beruntung. Anda harus menyertakan tautan ke video atau daftar putar.)
Layar akhir berlangganan akan menyisipkan tautan bagi orang untuk berlangganan saluran Anda. Layar akhir ini bulat dan secara default menampilkan gambar profil Anda. Benar-benar tidak ada alasan untuk tidak memasukkan tombol berlangganan.
Layar akhir YouTube dengan tombol berlangganan
Pastikan Anda mengarahkan pemirsa ke tombol berlangganan dengan cara tertentu, karena tidak ada di dalamnya yang memberi tahu pemirsa tentang apa itu. Anda dapat menjelaskan apa layar akhir berlangganan dengan berbicara di layar atau termasuk grafik yang menjelaskan tujuan layar akhir.
Layar ujung saluran memungkinkan Anda mempromosikan saluran lain, yang sangat berguna dalam kolaborasi. Jika video tersebut merupakan kolaborasi dengan pembuat lain, Anda dapat menautkan pemirsa ke saluran mereka dan juga saluran Anda, seperti yang ditunjukkan dalam contoh di bawah ini. Jika Anda hanya ingin mengarahkan orang ke saluran yang Anda kagumi, Anda dapat melakukannya juga.
Tautan layar akhir YouTube ke saluran kolaborator
Layar akhir yang ditautkan memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan ke situs web terkait, termasuk situs penjualan, platform crowdfunding seperti Kickstarter atau Patreon, atau situs web Anda sendiri.
Situs web terkait harus menjadi milik Anda, dan YouTube memiliki proses untuk menyiapkan situs terkait. Setelah mengatur situs web Anda dengan YouTube, Anda dapat mengirim pemirsa secara harfiah di mana saja melalui pengalihan. Plugin untuk WordPress memudahkan pembuatan arahan ulang.
Tautan layar akhir YouTube ke situs web terkait
Sebagai aturan pemasaran umum, semakin banyak panggilan untuk bertindak (CTA) yang Anda berikan, semakin kecil kemungkinan orang untuk memilih salah satu dari mereka. Oleh karena itu, sebaiknya tambahkan tidak lebih dari tiga tautan ke layar akhir Anda.
Layar akhir YouTube dengan dua tautan
Kiat: Saat Anda memikirkan tentang apa yang harus digunakan layar, fokuslah pada tujuan Anda untuk video. Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan? Tingkatkan saluran Anda dalam algoritme? Jual sesuatu? Memiliki tujuan dalam pikiran sejak awal adalah kebiasaan yang baik untuk dikembangkan. Dengan begitu Anda dapat membuat video dan pengoptimalan di sekitar sasaran itu.
Impor Template Layar Akhir Dari Video Sebelumnya
Setelah Anda memperbaiki strategi layar akhir, Anda dapat menghemat waktu dengan mengimpor templat dari video sebelumnya. Yang harus Anda lakukan adalah klik Impor Dari Video dan pilih video dari mana Anda ingin mengimpor layar akhir. Fitur ini membuat penerapan layar akhir menjadi cepat dan mudah, terutama jika Anda memiliki templat layar akhir yang berkinerja baik.
YouTube mengimpor layar akhir dari video
Untuk memantau keberhasilan elemen layar akhir Anda dan memperbaiki strategi Anda berdasarkan data Anda, buka Analytics di Creator Studio dan pilih Layar Akhir untuk melihat mana yang berkinerja terbaik. Maka, jelas, lakukan lebih banyak dari apa yang berhasil.
Analisis layar akhir YouTube
Menambahkan Layar Akhir Versus Anotasi atau Kartu
Sampai baru-baru ini, efek yang Anda buat dengan layar akhir dibangun melalui anotasi. Karena anotasi dibakar ke dalam video, Anda tidak dapat mengeditnya nanti. Selain itu, anotasi tidak berfungsi di seluler. Namun, layar akhir ramah-seluler dan YouTube kemungkinan akan menghapus anotasi sama sekali di tahun-tahun mendatang.
Kartu YouTube berbeda dari layar akhir karena Anda dapat menggunakannya untuk menautkan ke sesuatu di tengah video. Memang, YouTube mengatakan kartu ditekan sementara layar akhir muncul.
# 6: Edit Gangguan Dari Video Anda
Jeda lama, berbicara berkelok-kelok, memantul dari satu subjek ke subjek lainnya, atau sekadar membosankan dapat membuat orang mulai melihat video yang direkomendasikan untuk sesuatu yang lebih menarik. Jaga agar garis singgung menjadi minimum, dan jika Anda membelok dari topik, pastikan itu menarik baik secara visual atau dengan sebuah cerita. Jangan memberi alasan kepada pemirsa untuk mengklik.Untuk secara bersamaan menghindari gangguan dan menjaga video Anda bergerak cepat dan menarik, Anda dapat dengan cepat memotong dari satu pemotretan ke yang lain seperti Devinsupertramp. Untuk membuat potongan, Anda tidak perlu membuat film dengan banyak kamera. Anda juga dapat menggunakan teks atau transisi yang datang dengan editor video dasar.
# 7: Rancang Gambar Kecil Video Yang Ingin Diklik Pengguna YouTube
Thumbnail, lebih dari faktor lainnya, dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan Anda di YouTube. Mengapa? Video yang disarankan.Video yang disarankan adalah sumber utama lalu lintas organik di YouTube. Ketika seseorang menonton video di YouTube, thumbnail video Anda harus menonjol ketika itu adalah video yang disarankan di sidebar kanan. Saat video Anda muncul sebagai video yang disarankan, YouTube pada dasarnya mendukungnya dengan mengatakan bahwa seseorang yang menonton beberapa video lain mungkin menikmati video Anda juga.
Selain itu, jika video Anda menarik klik sebagai video yang disarankan, kemampuan kliknya cenderung mendaftar dengan algoritma YouTube. Ingat bahwa lebih dari apa pun di dunia, YouTube ingin pemirsa mengeklik video lain. Jadi mereka akan merekomendasikan video yang paling mungkin untuk mendapatkan klik itu.
Kirim pada Janji Thumbnail
Pertama dan terutama, buat thumbnail yang relevan dengan judul dan konten video. Tidak ada yang membuat orang mengklik lebih cepat daripada video yang tidak ada hubungannya dengan gambar mini. Pemirsa merasa tertipu. Anda tidak hanya akan mengalienasikan audiens Anda, tetapi Anda juga akan memiliki waktu menonton rendah, yang paling dihargai oleh algoritma YouTube.
Buat Pemirsa Bertanya-tanya Apa Selanjutnya
Coba ceritakan dengan thumbnail Anda. Tampilkan gambar yang mengatur atau menggoda suatu situasi. Buat pemirsa bertanya-tanya apa yang terjadi selanjutnya, atau apa yang terjadi sebelumnya. Thumbnail Amy Schmittauer ini dengan kata-kata “I Quit” menceritakan sebuah kisah yang melengkapi judul video. Jika Anda dapat menampilkan gambar yang berisi beberapa tindakan atau gerakan, bahkan lebih baik.
YouTube menceritakan kisah dengan thumbnail
Ingatlah bahwa thumbnail hanya setengah dari cerita. Setengah lainnya adalah judul. Penjajaran judul dan gambar mini yang cerdas bisa sangat membantu meningkatkan minat pemirsa.
Desain Kecil
Banyak orang membuat thumbnail video 1280 x 720 piksel seperti yang disarankan YouTube. Gambarnya tampak hebat, tetapi tidak ada yang pernah melihat thumbnail dengan ukuran seperti itu di YouTube. Meskipun Anda ingin ukuran piksel mengikuti rekomendasi YouTube, Anda masih harus merancang citra untuk ukuran tampilan yang lebih kecil.
Untuk memeriksa bagaimana thumbnail Anda akan benar-benar terlihat di YouTube, selalu perkecil sehingga Anda melihat gambar di layar pada ukuran yang akan muncul di YouTube. Anda ingin memastikan bahwa gambar kecil masih masuk akal dan menonjol ketika ukuran perangko.
Jika tidak, beberapa pengeditan gambar sederhana mungkin bisa membantu. Coba pangkas gambar ke area yang lebih kecil atau buat warna menjadi sangat jenuh, seperti dalam contoh di sini. Juga, alat Sharpen dapat menentukan tepi gambar Anda. Pada ukuran besar, pengeditan ini mungkin terlihat buruk, tetapi pada ukuran yang akan dilihat pemirsa, gambar Anda akan menonjol.
Penyesuaian saturasi gambar mini YouTube
Buat Tampilan dan Rasa yang Konsisten
Ketika semua gambar mini Anda memiliki tampilan yang konsisten, orang dapat mengenali video Anda secara sekilas. Konsistensi ini mungkin termasuk font teks yang serupa, logo, warna yang akrab, elemen bentuk atau desain, atau wajah orang yang sama. Apa pun yang Anda pilih, temukan sesuatu yang konsisten dan tetap dengan gaya pada semua thumbnail Anda.
Konsistensi sangat kuat karena mengajarkan orang untuk mencari elemen yang akrab di thumbnail Anda, dan jika mereka menyukai konten Anda, mereka akan lebih cenderung untuk memeriksanya. Dengan menambahkan logo di tempat tertentu, thumbnail video HP sangat menonjol:
Bergabunglah dengan ribuan rekan pemasar. Terima pelatihan dan dukungan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan pemasaran Anda!
SEKARANG BUKA
Belajarlah lagi
Branding gambar mini YouTube
Emosi
Kegembiraan adalah emosi yang paling banyak direspon orang. Ketika kami melihat seseorang menunjukkan antusiasme, itu membuat kami ingin tahu mengapa mereka bersemangat dan mungkin bergabung sehingga kami juga merasa bersemangat.
Tidak ada yang menjual kesenangan lebih dari mata, jadi tunjukkan wajah yang bersemangat dan fokus pada mata. Video Anda akan mendapat respons yang jauh lebih baik.
# 8: Tes Pilihan Gambar Mini Dengan AdWords
Pada akhirnya, Anda tidak akan tahu apakah thumbnail akan berfungsi kecuali Anda mengujinya. Buat beberapa opsi untuk menguji thumbnail Anda dengan Google AdWords.Uji Thumbnail Youtube dengan Google AdWords
Anda, bisa belanjakan $ 10 per hari selama sekitar satu minggu untuk melihat gambar mini mana yang mendapatkan rasio kunjungan tertinggi (VTR). Taktik ini sangat berguna jika Anda menjalankan kampanye.
Di YouTube Analytics, tampilan Video yang Disarankan dapat membantu Anda memeriksa keberhasilan atau kemajuan thumbnail Anda. Untuk mengelompokkan video yang ingin Anda uji, buka Creator Studio dan buka Analytics - Ikhtisar. Di kanan atas, klik Grup dan pilih Buat Grup Video dari menu drop-down.
Membuat Video YouTube
Selanjutnya, pilih Sumber Lalu Lintas di area Analytics dan kemudian Video yang Disarankan untuk melihat video mana dalam grup Anda yang paling berhasil. Temukan kesamaan antara video berkinerja terbaik, buat elemen-elemen itu menjadi gambar mini di masa depan, dan lihat cara kerjanya. Anda dapat belajar banyak melalui proses ini.
# 9: Replika Topik atau Taktik Dari Video Berkinerja Terbaik
Lakukan analisis mendalam untuk mengetahui video mana yang mendapatkan konversi pelanggan terbanyak per tampilan. Cari pola di antara mereka, seperti subjek, pengiriman, atau gaya pengeditan. Lalu buat lebih banyak video seperti itu.Untuk menemukan video dengan konversi tertinggi di Creator Studio, buka Analytics, klik Pelanggan, lalu klik Halaman Tonton YouTube.
Halaman menonton pelanggan analytics YouTube
Jika Anda ingin mendapatkan lebih detail, Anda bisa mendapatkan rasio pelanggan dengan membagi jumlah pelanggan dengan jumlah total penayangan untuk setiap video. Ketahuilah bahwa jumlahnya akan sangat rendah karena kebanyakan orang berlangganan pada halaman saluran.
# 10: Buat Video Panjang untuk Meningkatkan Waktu Tonton
Meskipun Anda ingin membuat kredit Anda singkat, buat konten video Anda yang sebenarnya selama masuk akal untuk topik Anda. Membuat video panjang tampaknya berlawanan dengan intuisi, mengingat rentang perhatian pendek terkenal secara online. Memang, video pendek dianggap lebih baik. Tetapi hari ini, video yang lebih panjang menyamakan dengan lebih banyak waktu tontonan, yang meningkatkan konten Anda dalam algoritme.Pada akhirnya, panjang yang tepat untuk sebuah video cukup panjang untuk mendapatkan semua informasi tanpa memuat video Anda. Jangan membuat video lebih lama hanya demi membuatnya lebih lama karena Anda akan kehilangan pemirsa. Tetapi Anda ingin mengembangkan konten video Anda dengan video yang lebih lama. Secara umum, video dari 7-15 menit cenderung berkinerja terbaik.
# 11: Siaran Langsung di YouTube
Streaming langsung adalah cara yang bagus untuk memompa konten tanpa menghabiskan banyak waktu di dalamnya. Meskipun streaming langsung memiliki kurva belajar yang pasti, setelah Anda menguasai formatnya, video langsung adalah cara termudah untuk membuat konten video.Siaran langsung YouTube
Streaming langsung sangat didukung di semua platform media sosial. (Di YouTube, fitur video langsung adalah YouTube Live.) Format video ini memberikan peluang keterlibatan yang sangat baik karena Anda dapat berkomunikasi langsung dengan audiens Anda. Video langsung juga memiliki waktu tontonan yang lama.
Untuk mulai berbagi video langsung, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas atau kamera web untuk siaran langsung. Bahkan webcam yang relatif murah tetap dapat menyediakan video berkualitas tinggi.
# 12: Gunakan Tiga Jenis Video dalam Campuran Konten Anda
Dengan strategi "Hub, Hero, Help", Anda memposting video yang memiliki satu dari tiga tujuan: melayani komunitas di sekitar saluran, dapat dibagikan, atau tampil dalam pencarian. Anda menambahkan video ini ke jadwal konten Anda pada berbagai interval: posting video hub setiap bulan, video pahlawan setiap tiga bulan, dan video bantuan setiap minggu.Video Hub berfokus pada komunitas dan dirancang untuk menciptakan ikatan yang kuat di antara pemirsa Anda, dan pemirsa Anda dan satu sama lain. Di video hub, Anda dapat menanggapi komentar, menjawab pertanyaan, berinteraksi melalui video langsung, memulai proyek yang membutuhkan partisipasi pemirsa, atau berbagi kisah pribadi yang membuat penggemar mengintip di balik layar di saluran Anda.
# 13: Kembangkan Video sebagai Seri
Tidak ada yang meningkatkan waktu menonton seperti menonton pesta. Pada akhirnya, Anda ingin membuat pengalaman "bersandar" agar pemirsa Anda beralih dari salah satu video Anda ke yang berikutnya. Daftar putar serial adalah salah satu cara terbaik untuk melakukan ini, namun merupakan alat yang kurang dimanfaatkan di YouTube. Namun, untuk menggunakannya, Anda perlu seri.Anda dapat mengembangkan seri berdasarkan konten yang berkinerja baik. Memang, banyak saluran YouTube yang sukses memiliki lebih dari satu seri, masing-masing dengan fokus topik khusus dan bahkan gaya gambar thumbnail yang berbeda. Sebagai ilustrasi.

No comments:
Post a Comment