Thursday, February 13, 2020

5 Tips Memulai Bisnis Online di Tahun 2020


1. Mengetahui Kebutuhan Pasar dan Market

Dalam dunia digital mengetahui pasar sangat muda untuk dipelajari, dalam dunia online kita kenal dengan riset pasar. Anda harus benar – benar memahami pasar yang ingin dimasuki. Untuk dunia online pasar sangat luas baik itu pasar lokal maupun internasional. Jadi peluang sangat besar untuk kita lakukan riset pasar luar negeri, jangan berpikir untuk pasar lokal saja.

Market research kita mencabo mencari berbagai informasi tentang buyer yang akan kita targetkan. Dengan mengetahui perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Disamping itu Anda akan mengetahui seberapa banyak konsumen Anda dan apakah produk atau layanan bisnis Anda, dibutuhkan oleh mereka.

Riset bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan interview atau wawancara langsung, wawancara lewat telepon, diskusi kelompok, dan survey online. Paling mudah dengan menyebarkan survey online menggunakan tool dari Survey Monkey, Google Forms, Wufoo dan lain – lain.


a. Riset dengan Google Trends

Banyak sekali orang menggunakan Google Trends untuk melakukan riset terhadap keyword atau pencarian yang dilakukan oleh orang didunia online. Fitur yang dimiliki Google Trends seperti Negara, bulan, category dan device search. Pastinya Google juga memiliki tujuan dalam menampilkan data dari trends ini.

Setidaknya akan ada data grafik yang diberikan oleh produk Google. Contoh topik digital marketing. Google Trends langsung akan memberikan informasi seputar digital marketing yang sedang banyak dicari orang berdasarkan grafik bulannya.

Bahkan secara spesifik Anda dapat mengetahui secara spesifik darimana atau di wilayah apa trend tersebut paling banyak dicari. Biasanya informasi tersebut datang dari kota – kota besar yang ada di Indonesia.


b. Google Forms

Di google forms kita bisa memanfaatkan survey dengan membuat kuesioner yang dilakukan secara online, hal ini sudah tidak sulit, ketika Anda ingin melakukan survey dengan memanfaatkan google forms. Sebenarnya ada beberapa layanan dari sejenis, tetapi Google Formulir sangat mudah dan cocok untuk Anda sebagai pebisnis online.

Cara membuat Google Forms untuk kuesioner dan survey online cukup mudah. Hal pertama yang harus disiapkan adalah kerangka survey. Setelah kita siapkan pertanyaan dan kuesioner beserta kerangkanya. Hal yang dilakukan, yaitu :

Pertama : buka situs web Google Forms di alamat forms.google.com dan pelajari tool yang tersedia. Pengguna langsung dihadapkan oleh formulir kerja yang mudah dimengerti, sehingga tinggal mengimplementasikan kerangka kuesioner yang telah dibuat sebelumnya.

Kedua : Isi judul kuesioner, help text, tipe kuesioner, dan opsi yang tersedia.

Ketiga : Jika kita perlu menambahkan pertanyaan baru, pengguna dapat klik menu Add question setelah pilih salah satu opsi yang diberikan. Jenis pertanyaan kuesioner bisa berupa teks, paragraph, pilihan ganda, boks tercentang, dan pilih dari daftar.

Keempat : Apabila menginginkan form kuesioner yang lebih menarik, maka dapat melakukan kustomisasi tema melalui fitur Customize Theme. Pilih salah satu tema yang disukai. Tema yang dipilih masi bisa diubah dengan cara klik Customize untuk diatur header-nya, termasuk jenis dan ukuran huruf.

Kelima : form hasil kostomisasi bisa dilihat melalui menu View live form.

Keenam : tambah atau kurang pertanyaan pada kuesioner sesuai kebutuhan atau kerangka yang telah dibuat. Setelah selesai, pengguna dapat berbagai formulir kuesioner melalui blog, forum, milis, dan sebagainya. Kita bisa gunakan tiga menu untuk membagikan form yang telah dibuat, melalui Send form, Download as, dan Embed.

Ketujuh : untuk bisa melihat hasil kuesioner, pengguna dapat masuk kembali ke Google Form dan buka form bersangkutan. Hasil dapat dilihat di menu View responses.


c. Survey Monkey

Memang selama ini Survei telah berkontribusi banyak dalam hal penelitian di dalam beragam industry. Lewat survey, banyak orang akhirnya diuntungkan karena bisa mengetahui marjin yang tengah menguasai pasar. Salah satu situs penyedia layanan pembuatan survey, yakni SurveyMonkey. Selain karena nama SurveyMonkey yang mudah diingat dan singkat menjadi SurveyMonkey.

SurveyMonkey menawarkan proses pembuatan survey yang nyaman dan cepat. Bisa dilakukan hanya dengan tiga tahap, yaitu : buatlah survey, tentukan responden seperti apa yang ingin Anda incar, dan tunggu hasil surveinya selesai hanya dalam waktu beberapa hari. Anda bisa mendaftar secara premium maupun free disini. 


d. Wufoo

Salah satu platform aplikasi web yang membantu orang membangun formulir online. Bila kita merancang formulir dengan Wufoo, secara otomatis membangun database, backend dan skrip yang dibutuhkan untuk membuat, mengumpulkan dan memahami data kita dengan mudah dan cepat. fasilitas Wufoo menyediakan background dengan berbagai macam warna dan gambar, sehingga formulirnya bisa dikreasi sesuai dengan tampilan pada toko online kita.



2. Mempelajari Copywriting yang Baik

Untuk menjadi seorang penjual online yang jago memasarkan produk. Anda harus menguasai skill copywriting, yaitu sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Copywriting sama dengan salesman untuk menarik calon pembeli untuk membeli produk kita.

Jadi salesman disini berbentuk tulisan di dalam website maupun iklan apapun yang menggunakan media tulisan. Untuk membuat copywriting yang menjual memang banyak hal yang harus dipelajari salah satunya mindset menjadi seorang copywriter. Namun pada kesempatan kali ini, pembahasan kami hanya tertuju pada, Bagaimana membuat copywriting yang menarik. Apa saja yang harus diperhatikan :

a. Buatlah Headline Yang Menarik
Menarik jangan sampai harus membohongi konsumen, ini bisa bersifat aktraktif, mengalihkan perhatian dan membangun rasa penasaran. Bisa dilakukan dengan menggunakan ; data dan angka, alasan yang kuat dan menyita perhatian pembaca.

b. Mengerti Karakter Audience
Menyesuaikan dengan karakter Audience, jika audience Anda lebih menyukai bahasa formal, Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih formal dan sebaliknya.

c. Tonjolkan Fitur Manfaatnya
Copywriting harus memberikan informasi serta harus mengerti dan memahami produk yang Anda jual, apa manfaatnya, untuk apa, keunggulannya, tonjolkan manfaat produk Anda dalam bahasa iklan. Hindari menulis manfaat yang palsu alias berbohong.

d. Change
Selain manfaat, Anda perlu memahami produk Anda dan sampaikan perubahan apa yang di dapat dengan membeli produk Anda. Mulai dari, kemudian, kenyamanan, kesenangan, gengsi, kepraktisan atau rasa Aman.

e. Memberikan Informasi yang Spesifik
Memberi informasi secara umum merupakan hal biasa. Yang perlu disampaikan adalah dengan menunjukkan data maupun angka akan membuat pembeli Anda semakin percaya dengan Anda.

f. Terapkan Strategis AIDA

Attention : buatlah sebuah iklan yang dapat menarik perhatian audience. Headline, gambar dan kalimat pembuka merupakan elemen terpenting dalam menarik perhatian audience.

Interest : setelah audience tertarik dengan tulisan Anda, maka jangan biarkan audience Anda berhenti membacanya. Sebisa mungkin untuk memberikan informasi sesuai fakta, data statistik, studi kasus dan sebagainya.

Desire : setelah membaca tulisan Anda sampai selesai, buatlah audience Anda menginginkan produk Anda. Bagaimana caranya? Bermainlah dengan emosi dan logika mereka.

Action : Ada istilah Call To Action. Dimana Anda mengajak kepada audience untuk mengambil sebuah tindakan. Yang pasti Anda menginginkan audience Anda untuk bertindak bukan? Seperti, membeli produk, mendaftar, mendownload, mengirim email dan sebagainya.



3. Belajar Memahami SEO

SEO adalah teknik yang harus anda kuasai sebagai pebisnis online, apabila Anda memiliki website atau menjual produk di toko online Anda, agar mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari. Dalam mempelajari SEO ada beberapa hal yang harus di pelajari :

a. Konsep Dasar SEO

b. On Page SEO

c. Riset Kata Kunci

d. Content Marketing

e. Off Page SEO

f. Link Building

g. Menilai Kinerja SEO

Untuk hal diatas, nanti akan kami jelasakan pada Artikel lain.


4. Advertising / Promosi di Dunia Online

Dalam dunia online kita mengenal banyak cara mempromosikan produk agar menghasilkan uang. Namun tidak semua cara tersebut efektif mendatangkan penjualan bagi sebuah bisnis.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa kami simpulkan untuk mempromosikan produk yang mendatangkan penjualan.

a. Menjangkau Sasaran yang Tepat

b. Penawaran yang dibuat Menarik

c. Kemudahan dalam bertransasksi


Untuk mempromosikan bisnis Anda, bisa dilakukan dengan 4 cara mempromosikan produk yang Anda jual, yaitu :

1. Press Release

Dimana informasi yang disampaikan dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations (PR) suatu organisasi /perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers/redaksi media massa (tv, radio, media cetak, media online) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.


2. Publisitas

Masi tetap berhubungan dengan media massa. Kali ini cara mempromosikan produk Anda adalah melalui publisitas. Bedanya dengan press release adalah wartawan/blogger/influencer yang mendatangi Anda dan melakukan liputan terhadap produk atau layanan yang Anda miliki.


3. Refferal

Cara promosi produk yang secara referral, mungkin Anda pernah mendengar istilah affiliate marketing, ini adalah salah satu bentuk dari referral. Untuk menjalankan referral ini Anda tidak perlu pusing. Ada banyak cara sederhana dalam menjalankannya program refferal ini.

Anda hanya perlu meminta calon pembeli atau pelanggan Anda untuk mengajak teman – teman mereka membeli produk Anda. Tawarkan harga diskon. Misalkan kalau dating sendiri harga dari produk A adalah Rp. 200.000.

Sedangkan kalau dating membawa minimal 3 teman maka dia akan mendapatkan minimal diskon sebesar 25%. Sehingga dalam 1 waktu Anda bisa mendapatkan 4 pembeli sekaligus hanya dengan berkorban diskon 25% dari 1 penjualan saja. Mudah dan efektif bukan?


4. Iklan/ Advertising

Rasanya kurang lengkap kalau dalam dunia usaha kita tidak membahas iklan, Ada banyaj jenis iklan yang bisa Anda gunakan. Namun untuk konteks bisnis online, setidaknya ada 3 iklan yang bisa Anda gunakan, diantaranya :

1. Iklan di Facebook dan Instagram

2. Iklan di Google Ads (Search dan Display)

3. Iklan di Forum dan Marketplace


Dari ketiga ini bisa Anda pilih salah satunya, atau Anda bisa gunakan semua cara untuk mempromosikan produk Anda.



5. Cara Mencari Supplier yang Tepat

Terlepas dari bisnis yang Anda jalankan, baik online maupun offline, seringkali terkendala pada proses produksi. Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang bagi para pebisnis untuk kemudian menjalin hubungan kerja sama dengan supplier. Tentu saja, keberadaan supplier bisnis sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang Anda jalani saat ini.

Nah untuk memutuskan menjalin kerja sama dengan supplier, sebaiknya Anda kembali memperhatikan beberapa factor penting dalam memilih supplier bisnis.

1. Utamakan Kualitas

2. Memperhatikan Track Record

3. Perhitungkan Kemampuan Supplier

4. Mempertimbangkan Konsistensi Supplier

5. Mintalah produk sampel

6. Pelajari kebijakan pengembalian produk

7. Pilih Supplier dengan layanan cepat tanggap

Hal – hal diatas harus menjadi pertimbangan untuk melakukan kerjasama dengan supplier yang akan Anda pilih sebagai mitra di dalam membangun usaha Anda.




Demikian Artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca di blog kami ini. Salam Sukses !!!.


No comments:

Post a Comment